Magister Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

LAPORAN

TINJAUAN MANAJEMEN

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Studi Magister Keperawatan

 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

November 2017

Visi

Menjadi Institusi Pendidikan Pascasarjana Keperawatan yang terkemuka dan bertaraf  internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

 

Misi

  1. Melaksanakan tatakelola dan fungsi manajemen yang mengimplementasikan prinsip good governance.
  2. Melaksanakan proses pembelajaran dalam upaya menyiapkan peserta didik yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu keperawatan yang mampu merespon kebutuhan masyarakat di tingkat nasional dan internasional.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang didasarkan pada hasil penelitian yang terkini.
  5. Menjalin kerjasama institusional yang sinergis dengan lembaga di dalam dan luar negeri.

Tujuan

  1. Terwujudnya tatakelola dan organisasi manajemen yang berbasis prinsip good governance
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional
  3. Menghasilkan penelitian yang berkualitas untuk mengembangkan ilmu keperawatan di tingkat nasional dan internasional
  4. Menghasilkan aktifitas pengabdian masyarakat yang berbasis hasil penelitian terkini
  5. Mewujudkan kerjasama institusional dengan lembaga di dalam dan luar negeri

LEMBAR PENGESAHAN

1. Jenis Berkas : Laporan Tinjauan Manajemen
2. Nama Unit : Program Studi Magister Keperawatan
3. Nama Institusi : Universitas Brawijaya
4. Penanggungjawab : Dr. Titin Andri W., SKp., M.Kes
5. Koordinator Penyusun : Ns. Tony Suharsono M. Kep
6. Anggota Penyusun : 1)      Ns. Septi Dewi Rachmawati, SKep, MNg
2)      Ns. Tina Handayani N, SKep, M.Kep
3)      Ns. Lilik Supriyati, SKep, M.Kep
7. Periode : Januari s.d Desember Th. 2017

Malang, 22 November 2017

Pimpinan Unit Kerja,

 

 

 

Dr. Titin Andri W., SKp., M.Kes

NIP. 197702262003122001

DAFTAR ISI

Visi ii

Misi ii

LEMBAR PENGESAHAN.. iii

I….. PENDAHULUAN.. 1

II…. LINGKUP BAHASAN.. 3

III.. PELAKSANAAN.. 4

IV.. HASIL.. 4

1.    Hasil Audit Internal 4

2.    Hasil Audit Eksternal 7

3.    Umpan Balik Pelanggan. 11

4.    Kinerja dan Evaluasi Proses. 16

1.1.1     Bidang Organisasi dan Manajemen. 20

1.1.2     Bidang Kemahasiswaan dan Alumni 24

1.1.3     Bidang Kerjasama Nasional dan Internasional 26

5.    Tindakan Koreksi dan Tindakan Pencegahan. 30

6.    Tindak Lanjut Tinjauan Manajemen Sebelumnya. 31

7.    Perubahan yang Mempengaruhi SMM… 33

8.    Saran dan Masukan untuk Perbaikan SMM… 33

V… PENUTUP. 35

 

I.          PENDAHULUAN

Tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang profesional meningkat dari tahun ke tahun. Pelayanan kesehatan termasuk pelayanan keperawatan yang profesional merupakan salah satu langkah penting pemerintah untuk mewujudkan millenium development goals (MDGs) tahun 2015. Upaya yang dapat dilakukan oleh perawat adalah dengan memelihara dan meningkatkan kompetensi di bidang keperawatan melalui pendidikan lanjut. Upaya Pendidikan keperawatan mulai berkembang di Indonesia sejak 20 tahun terakhir dengan semakin meningkatnya institusi yang menyelenggarakan Program Pendidikan Ners. Akan tetapi sampai saat ini kualifikasi pendidikan dosen yang mengajar di Institusi Program Pendidikan Ners sebagian besar adalah sarjana, begitupun dengan perawat yang bekerja di pelayanan kesehatan sebagian besar adalah diploma dan sarjana keperawatan.

Institusi pendidikan penyelenggara program pasca sarjana keperawatan saat ini masih sedikit dan masih belum memenuhi rasio antara kebutuhan dengan ketersediaan lulusan pascasarjana keperawatan. Sampai saat ini masih banyak pendidik yang mempunyai latar belakang pendidikan yang setara dengan calon lulusan mahasiswa yang akan diluluskannya. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Pasal 46 Ayat 2) dan Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 42 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Dosen yang menjelaskan bahwa dosen harus memiliki strata pendidikan minimal satu tingkat lebih tinggi dari para mahasiswa yang diajarnya. Belum meratanya pendidikan pasca sarjana keperawatan menyebabkan kualitas lulusan sarjana keperawatan yang tidak sama di Indonesia. Padahal pendidikan tinggi keperawatan sangat penting untuk menjawab tuntutan masyarakat yang menginginkan adanya peningkatan pelayanan kesehatan yang profesional yang tentu saja harus dipelajari oleh seorang perawat mulai dari proses pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan adanya latar belakang di atas, Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) berupaya ke Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) agar Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya bisa mendapatkan ijin penyelenggaraan program magister keperawatan. Pada tahun 2011, dengan turunnya SK Mandat Dikti No. 716/E/T/2011, Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mendapatkan hibah dari Dikti untuk bisa menyelengarakan program Magister Keperawatan dengan Peminatan Gawat Darurat, yang  diperkuat dengan SK Rektor Universitas Brawijaya No. 051/SK/2011. Berdasarkan 2 (dua) surat keputusan tersebut, maka pada tahun 2011, Jurusan Keperawatan  FKUB menerima mahasiswa Program Magister Keperawatan untuk tahun akademik 2011/2012. Pada 14 November 2012, Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 390/E/O/2012 tentang ijin penyelenggaraan PS Keperawatan (S2) di UB diterbitkan. Pada bulan Agustus 2013 PSMK mengajukan borang akreditasi ke BAN PT dan pada bulan Juli 2014 PSMK dilakukan visitasi akreditasi oleh BAN PT dan mendapatkan nilai C. Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) pada tanggal 29 Januari 2017, Program Studi Magister Keperawatan FKUB mendapatkan akreditasi B. Dengan diperolehnya hasil akreditasi tersebut, maka dasar penyelenggaraan PSMK semakin kuat.

Program Studi Magister Keperawatan saat ini membuka dua peminatan, yaitu : peminatan gawat darurat dan peminatan jiwa. Beberapa kondisi yang melatarbelakangi dipilihnya peminatan tersebut, diantaranya: semakin meningkatnya insiden kecelakaan kendaraan bermotor, kurang baiknya pelayanan prehospital di Indonesia, belum terstandartnya pelayanan gawat darurat di Indonesia, tingginya kejadian bencana di Indonesia, dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya merupakan satu-satunya fakultas kedokteran penyelenggaran Pendidikan Spesialis Emergensi di Indonesia yang membutuhkan partner dengan penjenjangan sejenis untuk bisa bekerja dengan baik. Selain itu untuk mengembangkan peminatan keperawatan jiwa, di Wilayah Malang terdapat RS Jiwa Radjiman Wediodiningrat dan daerah binaan di wilayah Kec Bantur Kabupaten Malang yang mempunyai variasi kasus jiwa yang sangat banyak dan  dapat digunakan sebagai tempat praktik bagi peminatan jiwa.

Penjaminan mutu Program Studi Magister Keperawatan dilaksanakan melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Brawijaya. Penjaminan mutu dimaksudkan untuk menjamin tingkat kualitas secara berkesinambungan aspek – aspek yang meliputi pelaksanaan kegiatan di program studi ilmu keperawatan. Metode yang digunakan dalam SPMI ialah modifikasi antara borang BAN-PT, ISO 9001:2008, dan Pelayanan Prima KemenPAN. Pelaksanaan SPMI di tingkat Universitas Brawijaya dilakukan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM), sedangkan di tingkat Fakultas dilakukan oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan ditingkat Program Studi Magister Keperawatan dilakukan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM).

Pelaksanaan SPMI di tingkat fakultas dilakukan melalui kegiatan Audit Internal Mutu (AIM) setiap tahun dimana laporan akhir audit internal didokumentasikan dan umpan balik dari hasil audit digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan tindakan pencegahan dan perbaikan.  Adapun ditingkat PS, maka peran penjaminan mutu dilaksanakan oleh UJM yang merupakan unit pemantau dan evaluasi di program studi dalam hal pengendalian standar dan penjaminan mutu program studi. UJM  berkoordinasi dengan pengelola program studi dan bertanggung jawab kepada Ketua Gugus Jaminan Mutu di tingkat FKUB. UJM membantu Program Studi Magister Keperawatan membuat manual prosedur dan instruksi kerja pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh program studi, sehingga kegiatan yang dijalankan Program Studi Magister Keperawatan dapat tertata dengan baik, yang berdampak pada peningkatan kinerja program studi. Di dalam setiap kegiatan di Program Studi Magister Keperawatan, UJM membuat dokumen standar operasional prosedur (SOP), sebagai petunjuk bagi Ketua Program Studi dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugasnya. Setiap dokumen SOP yang dibuat, ditetapkan/disahkan oleh Dekan FKUB, yang sebelumnya didiskusikan dan disosialisasikan pada tenaga akademik, tenaga kependidikan dan mahasiswa di Program Studi Magister Keperawatan. Selanjutnya, UJM akan memonitor setiap kegiatan dan melakukan evaluasi dengan melakukan revisi pada setiap dokumen SOP.

II.        LINGKUP BAHASAN

Mengacu sistem manajemen mutu (SMM) SNI ISO 9001:2008, maka Program Studi Magister Keperawatan melaksanakan tinjauan manajemen dengan ruang lingkup seperti yang dipersyaratkan, yaitu:

  1. Hasil audit
  2. Umpan balik pelanggan
  3. Kinerja proses bisnis, meliputi capaian sasaran mutu dan capaian program kerja.
  4. Tindakan pencegahan dan tindakan koreksi (hambatan program masing-masing bidang dan tindak-lanjut untuk mencegah hambatan tersebut agar tidak terjadi lagi).
  5. Tindak lanjut tinjauan manajemen sebelumnya (catatan yang perlu mendapat perhatian pada tinjauan manajemen sebelumnya).
  6. Perubahan yang mempengaruhi SMM (baik internal maupun dari eksternal).
  7. Saran dan masukan untuk perbaikan SMM unit kerja.

III.       PELAKSANAAN

Penyusunan tinjauan managemen dilakukan melalui rapat program studi dan rapat khusus untuk topik bahasan tertentu. Pada rapat program studi dihadiri oleh KPS PSMK, Tim pendidikan, Tim kurikulum, dan Tim monev. Pada bahasan tertentu khususnya mengenai evaluasi pembelajaran, maka dilakukan pula rapat yang melibatkan tenaga pengajar, tenaga kependidikan dan pimpinan di jurusan keperawatan. Adapun rapat khusus lainnya yaitu seperti rapat evaluasi kinerja yang di hadiri oleh seluruh unit atau persiapan AIM dan dihadiri pula oleh UJM dan ketua unit.

IV.       HASIL

Hasil evaluasi manajemen Program Studi Magister Keperawatan Tahun 2017 berikut ini disajikan sesuai urutan lingkup bahasan tinjauan manajemen (lihat Bab II).

1.       Hasil Audit Internal

Program Studi Magister Keperawatan telah diaudit secara internal oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM) FKUB melalui mekanisme AIM UKPPA Siklus 15 tahun 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 2 November 2016. Ruang lingkup audit internal tersebut meliputi evaluasi tindak lanjut AIM sebelumnya,  audit terhadap nilai implementasi standard mutu UB untuk tingkat Program Studi Magister serta ketersediaan dokumentasi laporan tinjauan Manajemen.

Pada siklus 15 ini, Program Studi Magister Keperawatan memiliki temuan sebanyak 36 temuan namun pada siklus ini telah di close sebanyak 25 temuan dan masih open sejumlah 11 temuan yang umumnya terkait sumber daya manusia serta standar mutu penelitian dan pengabdian masyarakat. Pada siklus ini hasil identifikasi laporan tinjauan manajemen menunjukkan bahwa Program Studi Magister Keperawatan memiliki laporan tinjauan manajemen yang terdokumentasi dengan baik.

Hasil audit didapatkan beberapa temuan yaitu sebagai berikut:

Kategori Temuan

Bidang yang diaudit

Uraian Ketidaksesuaian dan saran

KTS / New / MHU, ARI / 26 Okt 2015 (SM-PS-A02) A. Standar Kompetensi [02] Learning outcome mengacu pada KKNI , akan tetapi belum semua bukti pelaksanaan dapat ditunjukkan
KTS / New / MHU, ARI / 26 Okt 2015 (SM-PS-I01) I. Standar Kualifikasi Peneliti untuk Penelitian [01] Masih dalam perencanaan
KTS / New / MHU, ARI / 26 Okt 2015 (SM-PS-J01) J. Standar Kompetensi Peneliti untuk Penelitian [01] Masih dalam perencanaan. Jumlah doktor yang memimpin penelitian belum memenuhi minimal 15 penelitian
KTS / New / MHU, ARI / 26 Okt 2015 (SM-PS-N10) N. Standar Capaian Penelitian [10] Masih dalam proses melengkapi untuk tahun 2014
KTS / New / MHU, ARI / 26 Okt 2015 (SM-PS-O01) O. Standar Kompetensi Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat [01] Masih dalam perencanaan. Jumlah doktor yang memimpin pengabdian masyarakat belum memenuhi minimal 15 penelitian
KTS / New / MHU, ARI / 26 Okt 2015 (SM-PS-R02) R. Standar Capaian Pengabdian kepada Masyarakat [02] Hanya tahun 2014 saja, tahun 2013 tidak ada, dan thn depan belum pasti ada atau tidak
KTS / New / MHU, ARI / 26 Okt 2015 (SM-PS-R03) R. Standar Capaian Pengabdian kepada Masyarakat [03] Masih dalam perencanaan
KTS / Old / SAN, NNW / 04 Nov 2014 (SM-PS-E04) E. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan [04] Kualifikasi utk penguji 2 dan pembimbing 2 tidak sesuai dengan kriteria tersebut
KTS / Old / SAN, NNW / 04 Nov 2014 (WS-PS-13) 1. Keberadaan Website Unit Kerja [13] Website belum bilingual secara keseluruhan.
KTS / Old / SAN, NNW / 04 Nov 2014 (WS-PS-22) 2. Profil [22] Tidak ada moto dan maklumat pelayanan
KTS / Old / SAN, NNW / 04 Nov 2014 (WS-PS-71) 7. Layanan [71] Dalam menu tidak ditampilkan janji layanan, yang ditampilkan adalah standar pelayanan prima.

Berdasarkan hasil audit diatas, tindakan yang telah dilakukan untuk sebagai perbaikan terhadap temuan yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualifikasi SDM dengan pendidikan terakhir doctoral degree. Upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pemetaan SDM dimana target peningkatan dosen tetap untuk lanjut ke jenjang S3 telah ditetapkan di renstra 2016-2010 dan renop 2016-2010.
  2. Mengoptimalkan kerja dan fungsi tim UJM di PS. Terkait dengan hal ini, telah dibentuk tim UJM yang baru yang diharapkan dapat menjalankan tupoksi dengan baik, khususnya dalam melengkapi MP/ IK yang dibutuhkan oleh PS dan melakukan monitoring evaluasi sesuai dengan kewenangannya.
  3. Meningkatkan aktifitas dan perolehan dana hibah untuk penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakkan oleh dosen tetap. Hal ini dilaksanakan dengan mengirimkan sebagian dosen tetap untuk mengikuti pelatihan penyusunan proposal hibah, mendorong dosen tetap untuk mengirimkan proposal hibah dan meningkatkan jumlah kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Merencanakan upaya deteksi plagiasrime. Hal ini dijalankan melalui koordinasi dengan jurusan dan fakultas untuk merencanakan system deteksi plagiarism melalui perencanaan implementasi software antiplagiarisme.
  5. Meningkatkan kuantitas penulisan buku oleh dosen tetap. Upaya ini dilakukan dengan mendorong dan melibatkan dosen tetap untuk berpartisipasi dalam hibah penulisan buku baik yang diselenggarakan oleh fakultas maupun universitas.
  6. Melakukan update konten dan tampilan web Program Studi Magister Keperawatan FKUB secara regular

2.       Hasil Audit Eksternal

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: 304/DIKTI/Kep/1998 tentang Tindak Lanjut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 188/U/1998 tentang Akreditasi Program Studi pada Perguruan Tinggi untuk Program Pasca Sarjana, maka Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya telah melakukan akreditasi Ban-PT pada tahun 2015 dengan hasil akreditasi C (Keputusan BAN-PT No. 276/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2014). Hasil yang diperoleh tersebut tidaklah mencukupi untuk sebuah program studi yang berkualitas sehingga dibutuhkan akreditasi kembali untuk mendapatkan status akreditasi yang lebih baik yaitu minimal B.

Sebagai upaya pencapaian kualitas dan mutu yang lebih baik, Program Studi Magister Keperawatan telah mengajukan akreditasi ke LamPTKes pada bulan Juli 2016 dan pelaksanaan visitasi yaitu pada tanggal 20-22 Januari 2017. Adapun pelaksanaan visitasi dan hasil akreditasi yaitu sebagai berikut:

  1. Peserta/ pihak yang hadir

Pelaksanaan visitasi akreditasi dihadiri oleh berbagai pihak yang  meliputi pengelola (Dekanat, KPS, SPS), dosen, tenaga kependidikan, stakeholder, lulusan, mahasiswa dan perwakilan dari unit lainnya yang terkait dengan penyelenggaraan Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Perwakilan dari Unit terkait tersebut yang turut hadir pada akreditasi ini yaitu perwakilan dari perpustakaan pusat, BPPM serta  GJM.

  1. Kegiatan pelaksanaan visitasi

Secara umum, pelaksanaan visitasi berjalan dengan lancar dan tertib sesuai susunan acara yang telah ditetapkan. Kegiatan utama visitasi yaitu meliputi wawancara, visitasi lapangan dan klarifikasi dokumen sesuai borang 3A, 3B dan evaluasi diri yang telah disusun. Pada sesi wawancara, Asesor melakukan wawancara terhadap pengelola (Dekanat, KPS, SPS), perwakilan dari mahasiswa, alumni, stakeholder serta unit pengelola perpustakaan pusat UB. Adapun kegiatan visitasi lapangan dilakukan dengan meninjau berbagai fasilitas yang ada termasuk ruang kuliah, ruang dosen, lab Bahasa, lab Komputer, ruang baca dan lab keperawatan PSMK FKUB.

Pada kegiatan klarifikasi dokumen, asesor melakukan klarifikasi dengan mengidentifikasi kesesuaian antara data atau informasi yang tertulis pada borang akreditasi dengan data dukung atau bukti dokumen yang tersedia. Proses klarifikasi dokumen dilakukan secara sistematis sesuai urutan  standard yang tertera pada borang. Secara umum, terdapat beberapa masukan konstruktif dari asesor yaitu:

Standard Masukan/ Saran dari Asesor
Standard 1

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Serta Strategi Pencapaian

  • Linieritas/ kesesuaian konten antara visi, misi dan tujuan harus menjadi penekanan utama dalam penetapan visi, misi, tujuan
  • Sebaiknya pada kegiatan perumusan visi, misi dan tujuan juga melibatkan pihak dari organisasi profesi (PPNI)
Standard 2

Tata pamong, kepemimpinan, system pengelolaan dan penjaminan mutu

  • Tata pamong dan pengelolaan telah cukup baik
  • Sebaiknya SOP pengelolaan yaitu MP (manual prosedur) dan IK (Instruksi kerja) tersedia lengkap sesuai dengan kegiatan yang diselenggaraan oleh PSMK
Standard 3

Mahasiswa dan lulusan

Kegiatan mahasiswa dan lulusan yang bersifat internasionalisasi sebaiknya ditingkatkan, misalnya student exchange dari PSMK ke luar negeri
Standard 4

Sumber daya manusia

Jumlah sumber daya manusia di PSMK yaitu dosen tetap dengan latar belakang doktor (S3) harus ditingkatkan
Standard 5

Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik

Kegiatan pembelajaran sebaiknya ditunjang oleh tersedianya SAP yang lengkap setiap tatap muka (pertemuan)
Standard 6

Pembiayaan, Sarana, Dan Prasarana serta system informasi

Sarana dan prasarana khususnya dalam penyediaan lab keperawatan perlu ditingkatkan
Standard 7

Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Masyarakat dan kerjasama

  • Kegiatan penelitian dan pengmas telah berjalan cukup bagus, namun perlu dijalankan dengan penyebaran yang merata tiap dosen.
  • Aktifitas penelitian dosen berupa payung penelitian yang melibatkan mahasiswa sebaiknya ditingkatkan
  • Kegiatan penelitian dan pengmas pada skala internasional perlu ditingkatkan
  1. Hasil akreditasi

Berdasarkan desk evaluation dan visitasi yang telah dilakukan, maka Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes)  sebagaimana tertuang dalam SK. Nomor 0025/LAM-PTKes/ Akr/ Mag/I/ 2017 memutuskan status, nilai dan peringkat Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yaitu sebagai berikut:

Status       : Terakreditasi

Nilai         : 342 (Tiga ratus empat puluh dua)

Peringkat : B (Baik)

Hasil akreditasi mengenai status, nilai dan peringkat tersebut ditetapkan pada tanggal 29 Januari 2017 dan berlaku selama 5 tahun sejak tanggal ditetapkan

Kunjungan Asesor LAM-PTKes (20-22 Januari 2017)

 

3.       Umpan Balik Pelanggan

Pelanggan program studi yaitu meliputi mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan. Proses mendapatkan umpan balik dari mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan sebagai pelanggan yaitu sebagai berikut:

Umpan Balik Mahasiswa

Umpan balik dari mahasiswa diperoleh melalui diskusi yang dihadiri oleh pengelola program studi dan mahasiswa. Diskusi ini bersifat terbuka meliputi kurikulum, proses pembelajaran, dan sarana prasarana pendukung pembelajaran. Bahan diskusi ini berasal dari kuisioner yang dibagikan pada akhir semester dan evaluasi mata kuliah melalui SIAM dan kotak saran yang disediakan oleh program studi. Mahasiswa juga dapat memberikan umpan balik melalui e complain universitas brawijaya. Hasil kuisioner dan diskusi ini digunakan sebagai bahan perbaikan pada tahun akademik berikutnya.

Umpan Balik Alumni dan Pengguna Lulusan

Pelacakan umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan dilakukan dengan dua metode, yaitu, Metode online dengan cara melakukan pendataan daftar nama-nama alumni dan tempat kerja alumni. Langkah tersebut dilanjutkan dengan mengirim email pemberitahuan untuk mengisi Tracer Alumni di laman www.fk.ub.ac.id/ruangakademik. Selain itu, pada saat alumni mengajukan legalisir ijasah, di bagian akademik alumni diminta untuk mengisi kuesioner secara online.  Umpan balik juga dimintakan ke pengguna alumni secara offline dengan cara mengirimkan kuesioner ke institusi-institusi tempat alumni bekerja untuk diisi dan dikirimkan kembali ke PSMK FKUB.

Adapun isi umpan balik dan tindak lanjut yang dilakukan yaitu diuraikan dalam tabel dibawah ini.

No.

Jenis/Aspek/ Bidang/ Layanan yang dikeluhkan

Uraian Keluhan

Tindaklanjut (atau rencana)

1. Akademik Terdapat perkuliahan yang tidak berjalan sesuai dengan jadwal PS melakukan koordinasi dengan PJMK dan bagian akademik prodi untuk mengatur penjadwalan yang lebih baik. PJMK melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pengajar (khususnya yang dari luar) untuk menghindari perubahan jadwal
2. Akademik Perlu diberikan/didatangkan pakar dari luar yang memberikan materi tentang gawat darurat maupun jiwa PS menjadwalkan kuliah tamu dari dalam negeri maupun luar negeri yang merupakan pakar di bidang gawat darurat maupun jiwa
3. Reputasi Institusi (nilai akreditasi) Aspek reputasi institusi harus tetap dijaga dan dikembangkan karena sangat penting untuk mengembangkan karier PS tetap menjaga dan meningkatkan aspek reputasi terkait dengan nilai akreditasi pengelola program studi dengan terus melakukan pembenahan internal
4. Pengembangan softskill Aspek pengembangan soft skill yang penting dalam dunia kerja dan perlu terus dikembangkan terutama kemampuan bekerja mandiri dan dalam tim, memcahkan masalah, kemampuan berkomunikasi dalam tulisan dan lisan, kedisiplinan, motivasi, dan etos kerja. Ketrampilan ini juga harus diiringi oleh pengetahuan dan ketrampilan keperawatan yang sangat penting dalam pengembangan karir. PS tetap mempertahankan kemampuan soft skill,  pengetahuan, dan ketrampilan keperawatan
5. Bekal tambahan mahasiswa Bekal tambahan yang dianggap penting di dunia kerja adalah bahasa asing dan penguasaan teknologi informasi PS secara konsisten menerapkan persyaratan masuk dan persyaratan yudisium dg TOEFL 500, keberadaan mata kuliah bahasa inggris, ilmu komputerdan aplikasinya untuk menunjang karier peserta didik
6 Sumber daya manusia Aspek sumber daya manusia dalam proses pembelajaran (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan) harus terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya PS melakukan pemetaan dan secara aktif mendorong SDM (tenaga pendidik dan kependidikan) untuk studi lanjut di bidang formal maupun non formal untuk memperbaiki kualitas pembelajaran
7 Kurikulum Kurikulum didesain untuk dapat membuat beradaptasi dengan perubahan di dunia kerja PS secara berkala mengadakan evaluasi pembelajaran berdasarkan masukan dari dosen, mahasiswa, alumni dan steke holder
8 Fasilitas Fasilitas penunjang pembelajaran (perpustakaan, laboratoriun, akses journal) dapat digunakan untuk pengembangan diri perserta didik PS mengusulkan penambahan fasilitas proses belajar mengajar ke Fakultas Kedokteran UB
9 Feedback dari Pengguna lulusan Kemampuan yang dinilai pada pelacakan dari pengguna lulusan terdiri dari : (1) integritas, (2) keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme), (3)  keluasan wawasan antar disiplin ilmu , (4) kepemimpinan, (5) bahasa inggris, (6) penggunaan teknologi informasi, (7) komunikasi, (8) kerjasama tim, dan (9) pengembangan diri. Secara rata-rata diberikan tanggapan sangat baik sebesar 53,2 %, baik sebesar 41,3%, cukup sebesar 5,1%, dan kurang 0,4%. Berdasarkan masukan dari pengguna lulusan tersebut, program studi membuat rencana tindak lanjut untuk masing-masning kemampuan yang dinilai, yang terdiri dari :

(1) menyempurnakan kurikulum khususnya yang terkait dengan etika, untuk meningkatkan integritas

(2) mempertahankan keahlian berdasarkan bidang ilmu

(3) mempertahankan dan mengembangkan wawasan diluar bidang ilmu sesuai dengan perkembangan

(4) menyempurnakan kurikulum khususnya yang terkait dengan kepemimpinan dalam keperawatan

(5) meningkatkan kemampuan bahasa inggris melalui mata kuliah bahasa inggris

(6) mempertahankan mata kuliah ilmu komputer dan aplikasinya

(7) Menambahkan materi komunikasi efektif dalam mata kuliah pendidikan keperawatan klinis

(8) mengembangkan interprofesional education antar peminatan di program studi magister keperawatan

(9) memberikan dan menyelenggarakan pendidikan keperawatan berkelanjutan (pelatihan, workshop, conference) bagi alumni

4.       Kinerja dan Evaluasi Proses

Secara umum, kinerja meliputi bidang akademik, organisasi dan manajemen, sumber daya manusia, kemahasiswaan dan alumni serta kerjasama nasional dan internasional. Perencanaan kinerja PS tahun 2017 tertuang dalam program kerja PS tahun 2017.

            Program Kerja PS Magister Keperawatan tahun 2017

  1. A.    Sub Bidang Akademik

Tabel Program, Aktifitas, dan Target Sub Bidang Akademik

Program

Aktivitas

Skor pencapaian

Akreditasi Eksternal dan Internal program studi

Penyusunan laporan dan bukti dukung berdasar borang LAMPTKes

50%

(Telah terakreditasi B pada tahun 2017, persiapan terakreditasi A tahun 2020)

Audit mutu internal program studi

Evaluasi persiapan borang akreditasi selanjutnya

Akreditasi LAMPTKes selanjutnya

Penyempurnaan kurikulum PS

-          Evaluasi kurikulum PS

-          Penyusunan kurikulum PS

100% (telah dilakukan lokakarya evaluasi dan penyusunan kurikulum)

Peningkatan kualitas silabus mata kuliah

Pembuatan pedoman silabus mata kuliah

100%

Pelatihan/Refreshing pembuatan rancangan pembelajaran

Peningkatan kualitas pedoman akademik

Review  pedoman akademik

100%

Penyempurnaan materi dengan rancangan kurikulum

Evaluasi dan analisis kompetensi yang dicapai oleh mahasiswa

100%

Terbentuk dan berfungsinya tim kurikulum

100%

Peningkatan mutu staf pengajar

Pelatihan mengajar (pelatihan AA) bagi staf dosen program studi

100%

Pendidikan keperawatan berkelanjutan (1 kali per tahun pada kegiatan nasional dalam bentuk seminar, workshop, lokakarya, pelatihan   dan 1 kali per tahun mengikuti kegiatan international conference)

Peningkatan kualitas mutu pembelajaran

Analisis, evaluasi dan tindak lanjut indeks kepuasan mahasiswa terhadap dosen secara kuantitatif melalui web dan kualitatif melalui forum sarasehan tiap semester 1 kali

80%

Penguatan koordinasi penyediaan ruang untuk PBM dengan Fakultas

Pengajuan ruang untuk PBM sesuai dengan jumlah mhs

70%

Penguatan koordinasi penyediaan dan maintenance hotspot

Melakukan koordinasi dengan fakultas terkait penyediaan dan maintanance hotspot

100%

Pertemuan rutin riset bidang keahlian keperawatan

Lokakarya/workshop  road map atau pohon penelitian program studi dan semua bidang  keahlian keperawatan

100%

Sosialisasi program hibah penelitian

70%

Sosialisasi riset kelompok keilmuan kepada mahasiswa

100%

Pendirian kelompok riset bidang keahlian keperawatan

Lokakarya/workshop  road map atau pohon penelitian program studi

100%

Penyempurnaan MOU penelitian dengan mitra kerja

Studi banding riset dengan institusi mitra

80%

Pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal penelitian

80%

Penyelenggaraan lokakarya penulisan ilmiah dalam bidang keperawatan

Pelatihan penulisan ilmiah

70%

Pelatihan dan pendampingan publikasi ilmiah

100%

Penyelenggaraan program pengabdian kepada masyarakat

Pengabdian masyarakat program studi/keahlian keperawatan

100%

Perbaikan review internal pengabdian masyarakat

Pelatihan reviewer pengabdian kepada masyarakat

80%

Peningkatan produk pengabdian kepada masyarakat

Pelatihan Paten atau HAKI

50%

 

  1. B.     Sub Bidang Sumber Daya Manusia

Tabel Program, Aktifitas, dan Target Sub Bidang Sumber Daya Manusia

Program

Kegiatan

Target

Program peningkatan kualifikasi dosen (S2 ke S3)

Menyusun rencana track keilmuan dosen

60%

Mengirimkan dosen untuk studi lanjut program doktor

Program peningkatan kepangkatan dosen tetap

Pemetaan pangkat angka kredit calon guru besar dan

100%

Sosialisasi pedoman kenaikan pangkat guru besar sesuai di sesuaikan dengan EKD

Fasilitasi administrasi kepegawaian untuk pengurusan kepangkatan guru besar

Identifikasi pemenuhan persyaratan kenaikan pangkat guru besar

Program analisis jabatan dosen dan staf kependidikan

menyusun analisis jabatan bagi seluruh dosen dan staf kependidikan

100%

Dokumentasi hasil analisis jabatan

sosialisasi hasil analisis jabatan (hak dan kewajiban dosen dan tenaga kependidikan dalam memenuhan perencanaan jabatannya)

Program pendokumentasian persyaratan dan warning sisten kenaikan pangkat

Pemetaan posisi pangkat dosen dan staf kependidikan

100%

Identifikasi kebutuhan persyaratan kenaikan pangkat

Identifikasi kelengkapan dokumen kenaikan pangkat staf dosen dan tenaga kependidikan

Pengembangan sistem informasi kenaikan pangkat

Sosialisasi dan pelaksanaan pendokumentasian

Evaluasi dan feed back

Program pemenuhan kinerja dosen berdasarkan kebutuhan PS dan standart kinerja dosen

Penyusunan standart kegiatan  dosen sesuai dengan EKD

100%

penyusunan programingkegiatan dosen sesuai dengan standart EKD dosen

Sosialisasi programming kegiatan dosen

Pelaksanaan kegiatan dosen sesuai dengan programming PS

100%

Monitoring-evaluasi-feedback EKD

 

1.1.1        Bidang Organisasi dan Manajemen

a.      Sub Bidang Organisasi dan Tata Laksana

Tabel Program, Aktifitas, dan Target Sub Bidang Organisasi dan Tata Laksana

No

Program

Aktivitas

Target

1

Restrukturisasi Penyusunan organisasi PS Penyusunan struktur organisasi

100%

2

Penyempurnaan POB tata pamong Penyusunan penyempurnaan tupoksi, alur kerja dan POB

100%

3

Pengembangan pedoman kerja untuk penyelenggaraan aktifitas PS Rapat kerja Penyusunan Renstra, Renop, proker PS

100%

4

Penguatan implementasi POB tata pamong Sosialisasi tupoksi dan POB

100%

Sosialisasi hasil raker Renstra, Renop, proker PS
Melaksanakan struktur organisasi  sesuai dengan tupoksi dan POB

5

Pemantauan pelaksanaan tata pamong  sebagai penerapan prinsip PDCA Pelaksanaan updating borang

80%

Penyusunan laporan evaluasi keterlaksanaan kinerja
Penyusunan rencana tindak lanjut hasil monev pelaksanaan tata pamong

6

Penyempurnaan system penjaminan mutu di semua satker dan PS Evaluasi pelaksanaan penjaminan mutu

60%

Perumusan penyempurnaan MP dan IK
Sosialisasi penyempurnaan
Identifikasi persiapan PS terkait audit internal (oleh GJM

100%

Identifikasi  persiapan PS terkait audit eksternal (oleh LAMPTKes, ISO)

b.      Sub Bidang Manajemen Keuangan

Tabel Program, Aktifitas, dan Target Sub Bidang Manajemen Keuangan

No

Program

Aktivitas

Target

1

Peningkatan pengelolaan keuangan PS
  1. Penyusunan dan sosialisasi pedoman pengelolaan keuangan BLU

100%

  1. Pelatihan penyusunan perencanaan keuangan/ RAB
  2. Inventarisasi pendapatan dan belanja PS dan unit penunjang
  3. Penyusunan RAB PS dan satker (Penyusunan anggaran berbasis kinerja)
  4. Pelaksanaan rutin pengelolaan keuangan PS

2

Peningkatan pendapatan di luar penerimaan dana dari mahasiswa
  1. Pembuatan rumusan (aktivitas) pendapatan non dana mahasiswa Ex. mengadakan kegiatan international conference
100% (setiap thn melaksankan international conference)
  1. Penyusunan proposal hibah institusi
50%

3

Peningkatan proses monitoring dan evaluasi terhadap realisasi penyerapan anggaran Pelaksanaan Monitoring dan evaluasi (Pelaporan keuangan ) berkala di PS sesuai dengan program kerja yang disusun

100% (anggaran terserap sesuai perencanaan)

4

Peningkatan pembuatan laporan keuangan di unit kerja dan PS Pelaksanaan laporan di semua unit kerja dan PS

5

Peningkatan kecepatan pelaporan pengelolaan keuangan  (SPJ) sesuai due date Penyusunan laporan (SPJ) sesuai dengan due date yang ditetapkan

c.       Sub Bidang Pengelolaan Informasi

Tabel Program, Aktifitas, dan Target Sub Bidang Pengelolaan Informasi

No

Program

Aktivitas

Target

1

Peningkatan kelengkapan data di PS
  1. Identifikasi kebutuhan data dan laporan untuk decision support system

100%

  1. Penyempurnaan kelengkapan data sesesuai struktur dan kelengkapannya
  2. Penyusunan/ penyempurnaan desain sistem informasi untuk decision support system

2

Peningkatan kemampuan penyediaan data di  PS
  1. Sosialisasi system dan prosedur pengumpulan data ke seluruh satker
  2. Penyempurnaan web Fakultas/ PS (minimal sesuai kebutuhan akreditasi)
  3. Monitoring dan evaluasi pengumpulan data

3

Peningkatan kelengkapan data/ informasi terkait kegiatan pembelajaran Identifikasi kebutuhan data dan laporan untuk monitoring program dan umpan balik kegiatan pembelajaran

100%

Penyusunan dan sosialisasi desain sistem informasi untuk kegiatan pembelajaran (Pengembangan e-learning)
Laporan kegiatan pembelajaran

4

Peningkatan kelengkapan data/ informasi terkait staf dosen dan staf kependidikan Identifikasi kebutuhan data kinerja dosen dan tenaga kependidikan

100%

Penyusunan/ penyempurnaan desain sistem informasi kinerja dosen dan tenaga kependidikan
Laporan tahunan kinerja dosen dan tenaga kependidikan

5

Peningkatan kelengkapan data/ informasi terkait penjaminan mutu Identifikasi kebutuhan data dan laporan penjaminan mutu

100%

Penyusunan/ penyempurnaan desain sistem informasi penjaminan mutu
Laporan tahunan kegiatan penjaminan mutu

1.1.2        Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

Tabel Program, Aktifitas, dan Target Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

No

Program

Aktivitas

Target

1

Pembentukan organisasi mahasiswa magister keperawatan

Konsultasi dengan PD 3

100%

Melakukan penjajagan dengan mahasiswa ( antara s1 dan s2)

100%

Keterlibatan di rapat AD ART BEM

100%

2

Kerjasama mahasiswa dan dosen dalam pengajuan hibah penelitian

Pelatihan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif

80%

Pelatihan analisa data kualitatif dan kuantitatif

50%

3

Publikasi ilmiah

Pelatihan penulisan artikel ilmiah nasional dan internasional

100%

Pelatihan strategi pengiriman publikasi  ilmiah

80%

Sosialisasi jenis jurnal dan level evidence

50%

4

Pengiriman delegasi

Menyediakan informasi agenda pertemuan ilmiah nasional dan internasional

100%

Menyediakan bantuan biaya presentasi ilmiah (hibah kompetitif)

100%

5

Menyediakan akses informasi beasiswa

Menginformasikan sumber-sumber beasiswa berbasis web

100%

Membuat alur pelayanan administrasi beasiswa

100%

6

Pertemuan alumni

Pembentukan struktur dan program kerja ikatan alumni mahasiswa magister

100%

Pengesahan struktur ikatan alumni ke fakultas

100%

Temu alumni

50%

7

Pengembangan sistem informasi alumni Mengidentifikasi alumni magister

100%

8

Pengisian tracer study Menyebarkan angket tracer study berbasis web (menggunakan email)

100%

9

Alumni terlibat dalam pengajaran

Mengalokasikan beberapa topik untuk memberikan pengajaran yang memiliki kompetensi di bidangnnya atau menjadi fasilitator di proses pendidikan

10%

Melibatkan alumni dalam penelitian dosen

30%

Melibatkan alumni dalam pengabdian masyrakat dosen

50%

1.1.3           Bidang Kerjasama Nasional dan Internasional

Tabel Program, Aktifitas, dan Target Bidang Kerjasama Nasional dan Internasional

Program

Aktivitas

Target

Mengoptimalkan kerjasama yang sudah ada dan menambah kerjasama dengan institusi/lembaga lokal. Mengidentifikasi kerjasama yang sudah ada dan menyempurnakan isi kerjasama. Kerjasama terkait untuk aplikasi 100%
 Perbaikan naskah kerjasama yang sudah habis masa aktifnya. 100%
Penyesuaian form standard kerjasama. 100%
Membangun kerjasama dengan institusi/lembaga daerah provinsi Menginisiasi kerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Timur melalui kajian research partnership. 100%
Menjalin kerjasama dengan RS provinsi dalam rangka mengembangkan program pendidikan spesialis. RS Magelang, Semarang 100%
Menjalin kerjasama dalam bentuk public private partnership dengan lembaga non-government orgazation. 100%
Membangun kerjasama dengan institusi/lembaga kementerian Menjalin kerjasama dengan lembaga kementerian melalui kompetisi program hibah antar institusi. 100%
Menjalin kerjasama dengan institusi/lembaga internasional 2. Menginisiasi kerjasama dengan insitusi LN: 100%
(University of Jordan, University of Nebrasca medical centre, St. Dominic college of Asia University Philippine)
Menyusun Aktivitas sesuai MOU yang telah disusun:
Program visiting professor.
Pelaksanaan short course bagi dosen.
Pengembangan distance learning program.
Menginisiasi sandwich program.
Menyelenggarakan forum ilmiah bersama.
Publikasi jurnal internasional bersama.
Research partnership.
Student exchange.
Inisiasi pelaksanan student research partnership.
3.     Menginisiasi kerjasama dengan lembaga donor dalam dan luar negeri.
Menjalin kerjasama dengan kolegium profesi baik nasional maupun internasional.  Menyusun rumusan kerjasama. 100%
Menyelenggarakan pertemuan dengan kolegium profesi.
Mendaftar menjadi anggota kolegium profesi baik nasional maupun internasional.
Meningkatkan peran serta kelembagaan kemahasiswaan dalam mendukung program rekognisi nasional ataupun internasional dalam bidang ilmiah serta pengembangan minat dan bakat Mengidentifikasi kerjasama yang sudah ada dan menyempurnakan isi kerjasama. 100%
Perbaikan naskah kerjasama yang sudah habis masa aktifnya. 100%
Penyesuaian form standar kerjasama 100%
 Mengikutsertakan mahasiswa pada event ilmiah regional, nasional/ internasional 100%
Meningkatkan jumlah dan jangkauan beasiswa pendidikan Mengidentifikasi kerjasama yang sudah ada dan menyempurnakan isi kerjasama. 100%
Perbaikan naskah kerjasama yang sudah habis masa aktifnya. 100%
Penyesuaian form standar kerjasama 100%
Kerjasama dengan lembaga donor baik didalam ataupun diluar negeri 100%
Meningkatkan peran alumni dalam mendukung kemandiria pembiayaan Mengidentifikasi kerjasama yang sudah ada dan menyempurnakan isi kerjasama. 100%
 Perbaikan naskah kerjasama yang sudah habis masa aktifnya. 100%
Penyesuaian form standar kerjasama 100%
Mengevaluasi keterlibatan alumni selama ini 100%
 Mengidentifikasi kerjasama yang sudah ada dan menyempurnakan isi kerjasama. Meningkatkan pelatihan instruktur, pembimbing lapangan & dosen pendamping (supervisor) 100%
Perbaikan naskah kerjasama yang sudah habis masa aktifnya. 100%
Penyesuaian form standar kerjasama
Penyelengggaraan evaluasi staf institusi/lembaga  jejaring

 

 

 

 

 

5.       Tindakan Koreksi dan Tindakan Pencegahan

Berdasarkan evaluasi kinerja yang telah dipaparkan sebelumnya, teridentifikasi bahwa terdapat beberapa indicator kinerja yang masih belum memenuhi target atau sasaran yang ditetapkan. Terkait hal tersebut, koreksi dan tindakan pencegahan yang dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Jumlah dosen tetap dengan gelar doktor dan guru besar

Berdasarkan pemetaan dosen tetap di PS Magister Keperawatan, diketahui bahwa hanya terdapat 5 dosen yang memiliki gelar doctor dan belum adanya dosen tetap yang memiliki gelar guru besar. Jumlah doctor di PS masih kurang memenuhi standard yag ditetapkan yaitu minimal 6 untuk pendirian sebuah PS Magister Keperawatan di Indonesia. Terkait hal ini, PS melakukan koordinasi dengan jurusan untuk mengirimkan dosen tetap studi lanjut S3 dan menfasilitasi serta mendorong percepatan guru besar yang tertuang pada renstra PS 2016-2020 dan renop 2016-2020.

  1. Perolehan hibah untuk penelitian dan pengabdian masyarakat

Berdasarkan data aktifitas penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen tetap, didapatkan bahwa aktifitas penelitian dan pengabdian masyarakat dosen yang mendapatkan hibah masih kurang. Mayoritas aktifitas yang dilakukan merupakan dana mandiri dengan jumlah dana terbatas sehingga belum memenuhi capaian indicator pendanaan penelitian dan pengabdian masyarakat.

  1. Jumlah publikasi dosen di jurnal internasional terindeks

Hasil evaluasi kinerja 2017, diperoleh data bahwa hanya terdapat 3 artikel jurnal dosen yang dipublikasikan di Jurnal Internasional terindeks scopus. Secara umum publikasi dosen masih terbatas pada jurnal yang yang terindeks google scholar. Untuk itu, upaya pengingkatan jumlah dilakukan melalui mengirimkan dosen untuk mengikuti pelatihan penulisan jurnal ilmiah dan pengajuan hibah peningkatan kapasitas dosen untuk publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

6.       Tindak Lanjut Tinjauan Manajemen Sebelumnya

Berdasarkan tinjauan manajemen sebelumnya, beberapa hal penting yang perlu ditindaklanjuti yaitu:

 

No.

Rekomendasi Tinjauan Manajemen Sebelumnya

Aspek

Tindak Lanjut yang SUDAH dilakukan

Kendala yang dihadapi

Rencana selanjutnya

1.

Perlunya peningkatan citra/ reputasi institusi melalui Peningkatan status Akreditasi Akreditasi PS Akreditasi telah dilakukan dan PS mendapat status akreditasi B pada bulan Januari 2017 (berlaku hingga 5 tahun mendatang) Penyediaan dokumen data dukung Pengarsipan bukti kegiatan dosen secara berkala

2.

Perlu dilakukannya evaluasi kurikulum dan dibutuhkannya penyusunan kurikulum baru Evaluasi kurikulum Lokakarya Evaluasi dan penyusunan kurikulum telah dilakukan Penyesuaian kurikulum yang disusun dengan peraturan terbaru Rancangan kurikulum baru telah tersusun dan akan diberlakukan sejak angkatan tahun 2017

3.

Tupoksi sesuai OTK terbaru sebaiknya diperjelas terkait fungsi Unit seperti UJM, bagian akademik, kurikulum dan monev Restrukturisasi sesuai OTK terbaru
  • Telah dilakukan restrukturisasi
  • UJM dibentuk dibawah jurusan(tidak lagi dibawah PS)
  • Di tingkat PS, Terdapat tim koordinator pendidikan, kurkulum dan monev
Penyesuaian alur prosedur kerja unit sesuai OTK Tupoksi dan alur prosedur kerja diterapkan sejak pertengahan/ akhir  tahun 2017

 

 

7.       Perubahan yang Mempengaruhi SMM

Secara umum, SMM di PS magister Keperawatan dipengaruhi oleh adanya perubahan struktur organisasi di tingkat Jurusan yang menyesuaikan adanya perubahan OTK (Organisasi dan Tata Kelola) di tingkat Fakultas dan Universitas Brawijaya.

Berdasarkan struktur organisasi yang baru, kedudukan UJM yang semula di bawah PS akan menjadi dibawah Jurusan sehingga pemetaan SDM untuk tim UJM akan berubah meskipun tugas dan fungsi UJM masih akan tetap seperti saat ini dan sebelumnya.

Selain itu, dengan adanya struktur organisasi yang baru tersebut, kewenangan PS secara prinsip lebih ditekankan pada pengelolaan akademik sehingga terkait beberapa hal merupakan kewenangan di tingkat jurusan. Untuk itu, dalam beberapa hal tersebut, PS akan melakukan koordinasi yang optimal dengan jurusan untuk pengelolaan PS selanjutnya.

8.       Saran dan Masukan untuk Perbaikan SMM

Saran dan masukan secara umum untuk perbaikan SMM meliputi:

  1. Aktifitas semua dosen terkait akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat serta kegiatan pendukung perlu didokumentasikan melalui suatu database system agar memudahkan recall data untuk evaluasi dan penyusunan laporan
  2. Evaluasi pelaksanaan program kerja harus dipantau secara periodic melalui rapat di tingkat PS untuk mengidentifikasi keterlaksanaan program kerja yang telah ditetapkan
  3. Setiap komponen yang merupakan indicator kinerja perlu dipantau untuk mengevaluasi tingkat ketercapaian target

 

 

 

 

 

 

 

 


 

V.        PENUTUP

Sistem manajemen mutu yang dilaksanakan di PS magister Keperawatan FKUB telah berjalan cukup efektif dan efisien dalam mendukung PS untuk mencapai target program kerja yang ditetapkan dan menunjukkan kinerja yang optimal. Hal ini dibuktikan dengan kinerja diperolehnya status akreditasi B pada tahun 2017 hingga 5 tahun mendatang dimana sebelumnya menyandang status akreditasi C. Upaya penyelenggaraan akademik yang berkualitas telah dilaksanakan pula pada tahun 2017 yang dibuktikan dengan telah diselenggarakannya lokakarya evaluasi kurikulum lama dan disusunnya kurikulum baru yang telah menyesuaikan dengan  aturan baru yang berlaku. Perubahan OTK di tingkat fakultas menuntut PS melakukan restrukturisasi organisasi untuk menunjang kinerja PS yang lebih optimal.

Secara umum, PS magister Keperawatan FKUB mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah turut membantu pelaksanaan sistem manajemen mutu selama ini di PS dan penyusunan laporan tinjauan manajemen PS magister Keperawatan FKUB.