Magister Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 4 Agustus 2017 , oleh admin s2 keperawatan , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita

Pada hari Minggu (30/07/2017), PSMK mengadakan kegiatan “Lokakarya Evaluasi Kurikulum Program Studi Magister Keperawatan” di ruang Auditorium Gedung Pusat Pendidikan Lt. 6 FK UB. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 55 peserta yang berasal dari Staf Pengajar Mata Kuliah di Program Studi Magister Jurusan Keperawatan, Stakeholder dari Jurusan Keperawatan, Alumni Program Studi Magister Jurusan Keperawatan, Perwakilan Organisasi Profesi, dan Mahasiswa Program Studi Magister Jurusan Keperawatan.

Secara garis besar tujuan dari acara ini adalah untuk tersusunnya draft Struktur Kurikulum Program Studi Magister Keperawatan Jurusan Keperawatan FKUB. Dari kegiatan ini juga diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan, kendala serta keterbatasan pelaksanaan kurikulum Program Studi Magister Keperawatan (1), dan tersusunnya draft struktur kurikulum Program Studi Magister Keperawatan Jurusan Keperawatan FKUB (2). Kegiatan ini dimulai pada pukul 8.00 hingga 16.00 WIB dan dibuka oleh Dekan FKUB.

Acara ini diselenggarakan karena saat ini tuntutan terhadap pelayanan kesehatan yang semakin meningkat, masalah-masalah kesehatan semakin kompleks, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan semakin canggih, dan selain itu persyaratan dunia kerja yang semakin menuntut tenaga keperawatan yang kompeten, sehingga dunia pendidikan keperawatan harus mampu mempersiapkan lulusan Magister Keperawatan yang kompeten untuk mampu berkompetisi baik nasional maupun global.

Acara ini terdapat dua materi yaitu ‘Paparan Latar Belakang Evaluasi Kurikulum’ oleh Dr. Titin Andri Wihastuti, SKp, Mkes dan ‘Paparan Struktur Kurikulum Lama Dan Blue Print Struktur Kurikulum Baru’ oleh Tina Handayani Nasution, Skep, Ners, Mkep. Setelah materi disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh Septi Dewi Rachmawati, SKep, Ners, MNg. Diskusi berjalan dengan lancar. Acara dilanjutkan ke diskusi kelompok yang didampingi oleh fasilitator masing-masing kelompok (Kelompok 1: Dr. Asti Melani A., SKp, MKep, Sp.mat, Kelompok 2: Dr. Titin Andri Wihastuti, SKp, Mkes, Kelompok 3: Dewi Kartikawatiningsih, SKep, Ners, MPH, Kelompok 4: Lilik Supriati, Skep, Ners, Mkep). Diskusi kedua dimoderatori oleh Tony Suharsono, SKep, Ners, Mkep. Acara berlangsung secara aktif, dengan sesi diskusi kelompok dilanjutkan presentasi besar sebagai langkah perbaikan bersama dan diakhiri dengan rencana tindak lanjut oleh ibu KPS.

Ibu KPS menutup acara dengan ucapan terimakasih dan memberikan sedikit wejangan dari hasil kegiatan yang telah berlangsung yang pada intinya PSMK ingin memberikan pelayanan yang terbaik. Ada kompetensi magister dan spesialis. pendirian program magister seyogyanya adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang pendidikan. Terkait dengan keinginan stakeholder untuk pembukaan spesialis, perlu dipenuhi persyaratannya yaitu tersedianya program spesialis 6 spesialis, 2 doktor (SDM), dan juga adanya regulasi sistem terstandar. Saat ini PSMK masih dalam proses memenuhi syarat tersebut dan akan dilakukan sosialisasi ke organisasi keperawatan. “PSMK sudah melakukan banyak perbaikan dengan bukti tercapainya akreditasi B dari Lam-PT-Kes. Dengan bantuan Bapak Ibu sekalian yang ada disini , diharapkan kami akan terus berbenah dan mampu mencapai tingkat akreditasi yang lebih tinggi” imbuh Doktor lulusan Universitas Brawijaya ini. (Nurona / staff keperawatan)

Picture1

Peserta Lokakarya Evaluasi Kurikulum PSMK