Magister Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

Program Studi Magister Keperawatan merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) terletak dijalan Veteran Malang, diatas tanah seluas (5000)m2 dengan luas bangunan (24.400) m2, termasuk luas tanah dan bangunan di RS dr. Saiful Anwar Malang.

Program studi magister keperawatan FKUB lahir berdasarkan hasil pertemuan antara Dirjend Dikti dan Pengurus Asosiasi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) pada tanggal 26 Oktober 2010 di Jakarta. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa kedua belah fihak mendorong percepatan pengembangan dosen pada pendidikan Ners yang sebagian besar masih berpendidikan sarjana ke jenjang pendidikan S2 atau Spesialis sesuai dengan yang diamanatkan UU Sisdiknas no 20/2003 dan UU no 14/2005 tentang guru dan dosen. Salah satu kesepakatan pada pertemuan tersebut adalah Dirjend Dikti akan memberikan hibah ijin pendirian Prodi S2 Keperawatan pada perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria berdasarkan usulan AIPNI, yang salah satunya adalah Universitas Brawijaya.

Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut diatas, Rektor Universitas Brawijaya mengeluarkan Surat Keterangan No 051/SK/2011 tentang Pembukaan Prodi S2 Keperawatan Peminatan Gawat Darurat pada FKUB, sambil menunggu terbitnya SK Dirjend Dikti agar pembukaan S2 Keperawatan di FKUB dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Surat Keputusan ini diperkuat dengan pemberian mandat dari Dirjend Dikti Kemdiknas No 716/E/T/2011 untuk membuka Program Studi Magister Keperawatan di Universitas Brawijaya. Hal ini ditindaklanjuti dengan pembukaan Prodi Magister Keperawatan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012.

Penyelenggaraan Program Studi Magister Keperawatan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya beroperasional berdasarkan SK dari KEMENDIKBUD No 390/E/O/2012 tentang penyelenggaraan Program Studi Magister Keperawatan pada Universitas Brawijaya di Malang. Program Studi Magister Keperawatan yang diselenggarakan pada angkatan pertama ini mempunyai peminatan gawar darurat, yang selama ini sudah menjadi keunggulan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.