Magister Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 27 Oktober 2017 , oleh admin s2 keperawatan , pada kategori Berita

             Pada Sabtu dan Minggu, 21 – 22 Oktober 2017, Program Studi Magister Keperawatan (PSMK) FKUB melakukan kegiatan Evaluasi serta Penyusunan Pedoman Akademik dan Tesis bertempat di R. Auditorium Gedung A FKUB. Acara yang dilakukan selama dua hari ini, dibuka oleh Wakil Dekan 2 FKUB, Prof. Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes., Sp.ParK., dan dihadiri oleh para pimpinan di PSMK beserta seluruh staff dosen tetap di lingkungan PSMK. Menurut Prof. Loeki, “Evaluasi dan Perbaikan senantiasa harus kita lakukan untuk menjamin kualitas lulusan. Hal ini sesuai dengan amanat undang-undang”.

          Proses pendidikan dan pembelajaran akademik merupakan hal yang penting untuk memberikan lulusan Magister Keperawatan yang berkualitas dan professional. Pedoman akademik dan tesis yang mengatur bagaimana proses pendidikan senantiasa harus disesuaikan dengan perkembangan kurikulum dan tuntutan terhadap pelayanan kesehatan. Demikian juga  tesis sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa magister harus disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan terhadap profesi perawat sehingga perlu adanya penyesuaian terhadap perkembangan yang terjadi. Kondisi inilah yang mendasari Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) melakukan Lokakarya tersebut.

             Secara garis besar acara ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan, kendala serta keterbatasan pelaksanaan pedoman akademik dan tesis serta tersusunnya draft pedoman akademik dan tesis yang baru di  Program Studi Magister Keperawatan FKUB. Hal ini juga menyesuaikan kurikulum baru yang diterapkan di tahun ajaran 2017/2018 terkait kompetensi magister keperawatan di Indonesia. Acara berlangsung secara aktif, dengan sesi diskusi kelompok dilanjutkan presentasi besar sebagai langkah perbaikan bersama dan diakhiri dengan rencana tindak lanjut oleh ibu KPS. KPS Magister Keperawatan FKUB, Dr. Titin Andri Wihastuti, S.Kp., M.Kes., sangat mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dari bapak/ibu baik pimpinan maupun dosen serta panitia, yang berperan penting dalam perbaikan pembelajaran di PSMK. “Untuk ke depannya kami akan selalu berbenah, kami mohon seluruh bapak/ibu disini akan senantiasa ikut andil dalam setiap upaya perbaikan demi menjamin kualitas lulusan kita. Proses ini tidak akan bisa berjalan tanpa bapak/ibu semua”, imbuh Doktor bidang keperawatan dasar tersebut (Akhiyan/Staff Keperawatan).

Evaluasi Akad dan Tesis

Wakil Dekan 2 FKUB (tengah) bersama Staf PSMK FKUB